Definisi arsitektur komputer :
Konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari
suatu sistem komputer,bisa juga didefinisikan sebagai ilmu dan seni mengenai
cara interkonesi komponen-komponen perangkat keras,rencana cetak-biru dan
deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain
(kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi
perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai
bagaimana CPU akan bekerja, dan
mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras.Contoh-contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene.
- Arsitektur komputer ini
paling tidak mengandung 3 sub-kategori:
·
Set intruksi(ISA)
·
Sistem desain dari
seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.
Arsitektur Komputer adalah desain
komputer yang meliputi :
1. Set
instruksi
2.
Komponen hardware
3. Organisasi
atau susunan sistemnya
Ada 2
bagian pokok arsitektur komputer :
1.
Instructure Set Architecture adalh Spesifikasi yang menentukan bagaimana
programmer bahasa
mesin
berinteraksi dengan komputer.
2.
Hardware System Architacture adalah subsistem hardware dasar yaitu CPU, Memori
dan
Os.
Cara
untuk melakukan perubahan pada arsitektur :
1.
Membangun array prosesor
2.
Menerapkan proses pipelining
3.
Membangun komputer multiprosesor
4.
Membangun komputer dengan arsitektur lain
Klasifikasi
arsitektur komputer :
Mesin
Von Neumann, Kriteria mesin Von Neumann :
1.
Mempunyai subsistem hardware dasar yaitu sebuah CPU,sebuah memori dan sebuah
I/O sistem
2.
Merupakan stored-program computer
3.
Menjalankan instruksi secara berurutan
4.
Mempunyai jalur (path) bus antara memori dan CPU
Mesin
Non-Von Neumann, Pada tahun 1966, Flyyn mengklasifikasikan arsitektur komputer
berdasarkan sifatnya yaitu :
1.
Jumlah prosesor
2.
Jumlah program yang dapat dijalankan
3.
Struktur memori8
Menurut
Flyyn ada 4 klasifikasi komputer :
1. SISD
(Single Instruction Stream, Single Data Stream)
2. SIMD
(Single Instruction Stream, Multiple Data Stream)
3. MISD
(Multiple Instruction Stream, Single Data Stream)
4. MIMD
(Multiple Instruction Stream, Multiple Data Stream
Mengukur
kualitas arsitektur :
Ada
beberapa atribut yang digunakan untuk mengukur kualitas komputer :
1.
Generalitas
2. Daya
Terap (Applicability)
3.
Efesiensi
4.
Kemudahan Penggunaan
5. Daya
Tempa (Maleability)
6. Daya
Kembang (Expandibility)
Faktor-faktor
Yang Mempengaruhi Keberhasilan
Arsitektur Komputer :
Ada
beberpa faktor yang mempengaruhi keberhasilan arsitektur komputer, tiga
diantaranya adalah :
1.
Manfaat
Arsitektural
manfaat
arsitekturalnya yaitu :
-
Aplicability
-
Maleability
-
Expandibility
-
Comptible
2.
Kinerja
Sistem
Kinerja
Sistem adalah Untuk mengukur kinerja sistem,ada serangkaian program yang standard
yang dijalankan yang biasa di sebut Benchmark pada komputer yang akan diuji Ukuran
Kinerja CPU:
1.
MIPS (Million Instruction PerSecond)
2.
MFLOP (Million Floating Point PerSecond)
3.
VUP (VAX Unit of Performance)
Ukuran
Kinerja I/O sistem
-
Sistem Operasi Bandwith
-
Operasi I/O Perdetik
Ukuran
Kinerja Memori :
-
Memoy Bandwith
-
Waktu Akses Memori
-
Ukuran Memori
3. Biaya
Sistem, Biaya dapat diukur dalam banyak cara diantaranya :
1.
Reliabilitas
2.
Kemudahan Perbaikan
3.
Konsumsi daya
4.
Berat
5.
Kekebalan
6.
Interface Sistem Software
0 komentar:
Posting Komentar