Selasa, 19 November 2013

ARSITEKTUR KOMPUTER


 Definisi arsitektur komputer :
         Konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer,bisa juga didefinisikan sebagai ilmu dan seni mengenai cara interkonesi komponen-komponen perangkat keras,rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cacheRAMROMcakram keras.Contoh-contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von NeumannCISCRISCblue Gene.
- Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori:
·         Set intruksi(ISA)
·         Arsitektur mikro dari ISA, dan
·         Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.

Arsitektur Komputer adalah desain komputer yang meliputi :
1. Set instruksi
2. Komponen hardware
3. Organisasi atau susunan sistemnya

Ada 2 bagian pokok arsitektur komputer :
1. Instructure Set Architecture adalh Spesifikasi yang menentukan bagaimana programmer bahasa
mesin berinteraksi dengan komputer.
2. Hardware System Architacture adalah subsistem hardware dasar yaitu CPU, Memori dan
Os.

Cara untuk melakukan perubahan pada arsitektur :
1. Membangun array prosesor
2. Menerapkan proses pipelining
3. Membangun komputer multiprosesor
4. Membangun komputer dengan arsitektur lain

Klasifikasi arsitektur komputer :
Mesin Von Neumann, Kriteria mesin Von Neumann :
1. Mempunyai subsistem hardware dasar yaitu sebuah CPU,sebuah memori dan sebuah I/O sistem
2. Merupakan stored-program computer
3. Menjalankan instruksi secara berurutan
4. Mempunyai jalur (path) bus antara memori dan CPU

Mesin Non-Von Neumann, Pada tahun 1966, Flyyn mengklasifikasikan arsitektur komputer berdasarkan sifatnya yaitu :
1. Jumlah prosesor
2. Jumlah program yang dapat dijalankan
3. Struktur memori8

Menurut Flyyn ada 4 klasifikasi komputer :
1. SISD (Single Instruction Stream, Single Data Stream)
2. SIMD (Single Instruction Stream, Multiple Data Stream)
3. MISD (Multiple Instruction Stream, Single Data Stream)
4. MIMD (Multiple Instruction Stream, Multiple Data Stream

Mengukur kualitas arsitektur :
Ada beberapa atribut yang digunakan untuk mengukur kualitas komputer :
1. Generalitas
2. Daya Terap (Applicability)
3. Efesiensi
4. Kemudahan Penggunaan
5. Daya Tempa (Maleability)
6. Daya Kembang (Expandibility)

Faktor-faktor  Yang Mempengaruhi Keberhasilan Arsitektur Komputer :
Ada beberpa faktor yang mempengaruhi keberhasilan arsitektur komputer, tiga diantaranya adalah :
1.      Manfaat Arsitektural
manfaat arsitekturalnya yaitu :
- Aplicability
- Maleability
- Expandibility
- Comptible

2.      Kinerja Sistem
Kinerja Sistem adalah Untuk mengukur kinerja sistem,ada serangkaian program yang standard yang dijalankan yang biasa di sebut Benchmark pada komputer yang akan diuji Ukuran Kinerja CPU:
1. MIPS (Million Instruction PerSecond)
2. MFLOP (Million Floating Point PerSecond)
3. VUP (VAX Unit of Performance)

Ukuran Kinerja I/O sistem
- Sistem Operasi Bandwith
- Operasi I/O Perdetik

Ukuran Kinerja Memori :
- Memoy Bandwith
- Waktu Akses Memori
- Ukuran Memori

3. Biaya Sistem, Biaya dapat diukur dalam banyak cara diantaranya :
1. Reliabilitas
2. Kemudahan Perbaikan
3. Konsumsi daya
4. Berat
5. Kekebalan
6. Interface Sistem Software

0 komentar:

Posting Komentar